Beranda | Artikel
Talbis Iblis Tentang Ilmu Laduni Kaum Sufi
Selasa, 28 November 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Talbis Iblis Tentang Ilmu Laduni Kaum Sufi ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 14 Jumadal Ula1445 H / 27 November 2023 M.

Talbis Iblis Tentang Ilmu Laduni Kaum Sufi

Ini sesungguhnya yang halu. Seseorang mengklaim mendapatkan sesuatu secara langsung dari Allah tanpa perantara Rasul. Itu sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Karena salah satu hikmah Allah mengutus para rasul adalah untuk menyampaikan wahyu kepada manusia. Karena Allah tidak menurukan wahyu kepada semua manusia. Allah hanya memberikan wahyu kepada Nabi dan Rasul.

Maka, orang yang mengatakan bahwa Allah telah langsung memberikan pelajaran atau ilmu kepadanya, itu tidak lepas dari dua orang saja; kalau tidak orang tersebut gila; dia adalah pembohong. Tidak mungkin lepas dari dua jenis manusia itu. Atau memang dia betul-betul seorang nabi yang dapat wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta’ala? Barulah dia boleh berkata: “Allah telah menyampaikan kepadaku. Allah telah mewahyukan kepadaku. Telah bercerita kepadaku Rabbku.”

Maka, siapa saja yang mengklaim punya sanad langsung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, bisa dipastikan dia adalah pembohong. Dan juga bisa dipastikan bahwa ini adalah sanad yang terputus. Karena kita tidak mungkin punya akses langsung kepada Allah, kecuali melalui para nabi dan rasul, karena melalui mereka Allah Subhanahu wa Ta’ala menyampaikan pesan-pesannya kepada manusia.

Akan tetapi kaum Sufi ini mengklaim mereka punya ilmu yang tidak dimiliki oleh yang lain. Mereka menyebut ini ilmu batin, mereka menyebut ini ilmu laduni, ilmu yang tidak dimiliki oleh sembarang orang.

Tentunya ini akibat kejahilan mereka. Dan inilah salah satu talbis iblis terhadap mereka, sehingga mereka tidak mau menuntut ilmu Syari yang mereka klaim ilmu kulit, bukan inti. Menurut mereka inti ilmu adalah ilmu batin.

Maka kaum Sufi mempunyai tafsir batin, yaitu menafsirkan al-Qur’an dengan tafsiran batin. Ini agak terdengar aneh, karena kalau lah mereka dapat langsung dari Allah, kenapa mereka harus bersandar juga kepada al-Qur’an? Seharusnya mereka tidak perlu lagi al-Qur’an karena punya akses langsung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka tidak perlu nabi dan rasul. Karena punya akses langsung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jelas ini adalah salah satu talbis iblis terhadap mereka yang membuat merasa tidak perlu lagi untuk mendalami syariat. Menjalani syariat adalah jalan panjang dan berliku-liku. Simpelnya punya ilmu batin saja langsung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, tidak perlu melalui nabi dan rasul, apalagi sahabat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53645-talbis-iblis-tentang-ilmu-laduni-kaum-sufi/